Apakah Technopreneur Itu?

Apakah Technopreneur Itu?

apa itu technoprenuer?
Technopreneur, apakah anda pernah mendengar istilah ini?. Sebenarnya istilah ini merujuk pada penggunaan teknologi sebagai alat proses bisnis yang tujuannya tentu saja adalah profit atau keuntungan. Seperti yang anda ketahui saat ini, perkembangan teknologi sudah tidak bisa dibendung lagi. Internet telah menjadi dunia kedua bagi umat manusia dan kini dengan semakin bertambahnya pengguna internet menjadikan "dunia baru" ini menjadi lahan yang "empuk" untuk digarap terutama mereka yang sangat konsen menekuni dunia bisnis.

Siapa saja bisa menjadi seorang technopreneur, mulai dari kalangan muda, tua, anak anak bahkan seseorang yang hanya lulus SD pun bisa asalkan mereka memenuhi kompetensi untuk menjadi seorang technopreneur. Apa saja kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang technopreneur?

Apakah banyak mereka yang sukses dengan menekuni technopreneur ini?. Jika berbicara tentang jumlah mereka yang sukses tentunya tidak bisa kita hitung berapa jumlahnya tetapi saya berikan ilustrasi saja sebagai sebuah contoh mereka yang telah sukses dalam kegiatan menjalankan bisnis dengan technopreneur ini. Anda pasti mengenal Bill Gates? ya, beliau adalah salah satu dari sekian banyak orang yang telah sukses menjalankan bisnis dengan jalan menjadi technopreneur ini. Bill gates itu adalah seorang mahasiswa Drop Out yang mampu melihat peluang besar ini dan kini Bill Gates telah menjadi sosok milyarder dunia.

Atau contoh lainnya, Mark Zuckerberg yang sukses besar dengan situs jejaring sosial facebook atau Linus Trovaldi yang mengawali debutnya dengan menggulirkan software open source Linux. Di Indonesia sendiri sosok technoprenuer yangsukses mengawali debutnya menjadi seorang technoprenuer seperti Onno W. Purbo yang menggulirkan gagasan-gagasan tentang warung internet (warnet), internet RT/RW dan Michael Sunggiardi dengan mendirikan majalah Neotek tampaknya dapat dinobatkan sebagai sosok-sosok yang dapat menjadi panutan dalam mengembangkan jiwa technopreneur.

Kesuksesan orang orang yang saya sebutkan di atas memang tidak bisa kita tiru begitu saja dibutuhkan proses waktu yang cukup panjang saat ini bila ingin menjadi seperti mereka, akan tetapi yang bisa kita tiru adalah semangat, keinginan dan cita cita besar merekalah yang harus kita tiru. Jika anda ingin memulai menjadi seorang technoprenuer ada baiknya dimulai dari cara cara yang sederhana dulu misalkan mencari uang di internet yang bisa anda lakoni untuk memulai menjadi seorang technoprenuer ini.

Berikut ini adalah beberapa kiat sukses menjadi technoprenuer yang bisa anda baca sebagai referensi anda untuk menjadi seorang technoprenuer yang sukses nantinya.

1. Mengusai teknologi. Ini adalah syarat utama untuk bisa menjadi seorang technopreneur.
Seperti yang saya jelaskan di atas bahwa technopreneur ini sangat identik dengan bagaimana menggunakan komputer atau alat teknologi lainnya yang digunakan sebagai proses bisnis yang bertujuan untuk memperoleh profit atau keuntungan. Oleh karena itu intelektual dan keilmuan menguasai teknologi menjadi hal yang pertama untuk diketahui.

2. Memiliki semangat pantang menyerah. Gagal dalam sebuah bisnis adalah hal yang biasa. Banyak mereka yang sukses di atas harus jatuh bangun dulu sebelum mereka merasakan kesuksesan seperti saat ini. Gagal adalah sebuah pintu masuk menuju sebuah kesuksesan, demikian disampaikan oleh Michael Sunggiardi pendiri majalah Neotek yang juga pernah merasakan jatuh bangun dalam merintis usaha untuk menjadi seorang technoprenuer.

3. Memiliki kemampuan riset pasar. Seorang technopreneur perlu sekali melakukan riset pasar (market research). Tujuannya adalah supaya dapat menemukan permasalahan yang harus ditemukan solusinya dan solusi ini harus dibutuhkan oleh orang banyak. Secara konkret, solusi itu harus diwujudkan dalam bentuk produk/ layanan yang nyata.

4. Memahami keinginan pasar. Dengan mengetahui dengan seksama pangsa pasar, produk ataupun jasa akan memiliki peluang yang cukup besar untuk diterima oleh konsumen yang menjadi sasaran (target market). Jika seseorang hanya membuat produk/ jasa berdasarkan seleranya sendiri, belum tentu akan disambut pasar dengan positif

4. Inovasi tiada henti. Dengan inovasi tanpa henti, produk akan terus berkembang mendekati kesempurnaan dan pada saat yang sama, nilai tambahnya bagi konsumen juga makin tinggi,
Di posting oleh : Unknown , Update pada : 18.52 | ► 0 komentar

Apakah Technopreneur Itu?

Hak cipta Blogger Tastura 2014 - Berbagi Info dan Ilmu Pengetahuan | Dedicated to Blogger.com